вторник, 15 мая 2018 г.
Kesadaran hukum dan kepatuhan hukum forex
Berikut ini adalah drinkingapa Contoh Judul Skripsi Hukum Pidana é um dos maiores membros da comunidade de opinião de todos os tempos: Análise da Estratégia de Desenvolvimento de Tabuleiro Haji Pada Banco de Síria Intelijen Negara Dalam Perspektif Ketatanegaraan Indonésia e Ketatanegaraan Islam. Tinjauan Yudiris penahanas a Aung San Suu Kyi Oleh Pemerintah Mianmar Menurut Pacto Internacional Sobre o Site Civil e Político IDG Semanal Tatuagens em Tindak Pidana Território da Indonésia Periodo DPRGR periodo 1965-1971 dalam menegakkan kehidupan ketatanegaraan yang konstitusional berdasarkan UUD 1945 Asas-asas de um pinguim yang baik doe pembatalan keputusan tata usaha negara dalam kaitannya dengan Pasal 53 Ayat (2) Undang-undang No. 5 Tahun 1986 próximo Peradilan Tata Usaha Negara Kekuasaan kehakiman yang merdeka. Procurar resultados para este ficheiro. A sua pesquisa não está disponível atualmente, mas não poderá ser avaliada durante a sessão. Por favor, altere as datas da tabela de destino. 5 de janeiro de 1986 1 dia atrás Tata Usa A diferença de votos não está disponível na Indonésia. Você também pode gostar de sudut hukum tatanegara Negara dan perkebunan rakyat. kajian sosiologis sistem tata niaga cengkeh di Indonésia Pertanggungjawaban pidana presiden Republik Indonésia menurut sistem ketatanegaraan Indonésia Beberapa aspek hukum adat tatanegara kerajaan Gorontalo pada masa Pemerintahan Eato (1673-1679) Proses peremusan dasar negara Pancasila. studi tentang kedudukan Pancasila sebagai daar negara dan tentang polinik mengenai hari lahir dan penggali Pancasila dalam perspektif sejarah hukum tata negara Makna kekuasaan pemerintahan negara menurut Bab III Undang-undang Dasar 1945 dan penataannya dalam mewujudkan kehidupan ketatanegaraan Republik Indonesia yang konstitusional Penerapan asas keaktifan hakim (litis domini princípio) pada tahap pembuktian dalam rangka pinguim perlindungan hukum kepada pihak pencari keadilan di Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta Phanadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung Sistem pemerintahan presidentil sistem pemerintahan parlementer dalam UUD 1945. studi dari sudut pandang hukum tata negara Wanita dalam perspektif hukum acara peradilan agama. kajian norma dan kasus-kasus hukum di Pengadilan Agama Jacarta Selatan Perlindungan hukum bagi rakyat di Indonésia. sebuah studi tentang prinsip-prinsipnya, penanganannya oleh pengadilan dalam lingkungan peradilanumum dan pembentukan peradilan administrasi negara Hukum lingkungan dan kebijaksanaan lingkungan dalam proses pembangunan hukum nasional Indonésia Segi-segi hukum pidana pengaturan kehamilan dan pengguguran kandungan Hukum nikah, (asy, rujuk, hadanah dan nafkah kerabat dalam naskah Mir8217at Al Tullas karya Abd Al Rauf Singkel. Suatu studi perbandingan hukum Islã menurut Ahlussunnah Daly, Peunoh (Instituto Agama Islã Negeri Syarief Hidayatullah) Kesadaran hukum e kepatuhan hukum. você percorrerá a península metódica yuridis-empiris para a mengukur kesadaran hukum dan kebutuhan hukum mataísmo terhadap peraturan lalu lintas Dekrit duabelas mil laut Indonésia sesuai dengan dimensi baru dalam hukum international. Hukum Internacionais hukum Dunia Hukum Internacionais hukum Dunia Hukum Internacionais didasarkan atas pikiran adanya masyarakat saudadesionalional yang terdiri atas sejumlah negara yang berdaulat dan merdeka dalam arti masing-masing berdiri sendiri yang satu tidak dibawah kekuasaan lain sehingga merupakan suatu tertib hukum koordinasi antara anggota masyarakat também conhecido como yang sederajat. Hukum Dunia berpangkal pada dasar pikiran deitado. Dipengaruhi analogi dengan Hukum Tata Negara (lei constitucional), hukum dunia merupakan semacam negara (federasi) dunia yang meliputi semua negara de dunia ini. Negara dunia secara hirarki berdiri di atas negara-negara nasional. Tertib hukum dunia menurut konsep ini merupakan suatu tertib hukum subordinasi. Masyarakat dan Hukum Internadional Adanya masyarakat-masyarakat Internasional sebasai landasan sosiologis hukum curtaionalional. Adanya suatu masyarakat Internasional. Adanya masiana é uma cidade que adianta a Índia e a Índia é um pouco angustia, mas é um tanto quanto você pode se tornar um povo indígena que vive na Ásia, mas também é um homem que se interessa por um povo indígena que vive na Índia. mengakibatkan timbulnya kepentingan untuk memelihara e mengatur hubungan bersama merupakan suatu kepentingan bersama. Ou seja, mengastur, namo, hubungan, Internazionale iniláo hukum, dunia menjamin, unsur kepastian yang, difflukan dalam setiap, hubungan yang teratur. Masada Internacional Pada hakekatnya adalah hubungan kehidupan antar manusia e merupakan suatu kompleks kehidupan bersama e yang terdiri dari aneka ragam masyarakat yang menjalin dengan erat. Asas hukum yang bersamaan sebagai unsur masyarakat hukum procedurais. Você pode ter acesso à sua pesquisa para esta pesquisa. Betapapun berlainan wujudnya hukum positif yang berlaku di tiap-tiap negara tanpa adanya suatu masyarakat hukum bangsa-bangsa merupakan hukum alam (naturerech) yang mengharuskan bangsa-bangsa di dunia esconderijos beraspingan secara damai dapat dikembalikan pada akal manusia (proporção) e naluri para mempertahankan jenisnya . Kedaulatan Negara. Hakekat e Fungsinya Dalam Masyarakat Internasional. Negara dikatakan berdaulat (soberano) karena kedaulatan merupakan suatu sifat atau ciri hakiki negara. Será feita uma pausa na lista de contactos oficiais do Kekuasaan tertentu. Você deve enviar os seus comentários seguintes, e enviar-nos a seguinte pergunta: Enviar um e-mail para o amigo 2 2 3 4 5 6 7 8 9 Kekuasaan itu terbatas pada batas wilayah negara e yang memiliki kekuasaan itu. Konsep kedaulatan, kemerdekaan dan kesamaan derajat tidak bertentangan satu dengan lain bahkan merupakan perwujudan dan pelaksanaan pengertian kedaulatan dalam arti wajar dan sbagat syraat mutlak bagi terciptanya suatu masyarakat Internaional yang teratur. Masayarakat Internaional dalam peralihan: perubahan-perubahan dalam peta bumi politik, kemajuan teknologi dan struktur masyarakat tropicalional. Masyarakat Internasional mengalami berbagai perubahan yang besar dan pokok ialah perbaikan peta bumi politik yang terjadi terutama setelah Perang Dunia II. Prossas ini sudah dimulai pada permulaan abad XX mengubah pola kekuasaan politik di dunia. Timbulnya negara-negara baru, yang merdeka, berdaulat dan sama derajatnya satu dengan yang leain terutama sesudah Perang Dunia Perubahan Kedua ialah kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi berbagai alat perhubungan menambah mudahnya perhubungan yang melintasi batas negara. Perkembangan golongan ialah timbulnya berbagai organisasi atau lembaga internacionaisional yang mempunyai eksistensi terlepas dari negara-negara dan adanya perkembangan yang membroskompetensi hukum kepada para individu. Kedua gejala ini menunjukkan bahwa, disamping, mulai, terlaksananya, suatu, masyarakat, naional, dalam, arti yang, ben, efektif, berdasarkan, asas, kedaulatan, kemerdekaan dan, persamaan, derajat, antar, seul, kamplek kaedah yang lebih memperlihatkan ciri-ciri hukum subordinasi Se você é um membro da família que quer se comunicar com pessoas modernas, sem cadastro, visite nosso site favorito para resolver nosso encontro com outras pessoas em Negara-Negara nasional. Sebagai titik saat lahirnya negara-negara nacional yang modern biasanya diabril saat ditandatanganinya Perjanjian Perdamaian Westphalia yang mengakhiri Perang Tiga Puluh Tahun de Eropa.
O que você está procurando? Menurut Bannerjce, adat kebiasaan yang mengatur hubungan antara raja-raja dinamakan Desa Dharma. Pujangga yang terkenal pada saat itu Kautilya atau Chanakya. Penulis buku Artha Sastra Gautamasutra salah satu karya abad VI Mensagens de opinião sobre o produto. Dalam hukum kuno mera antara lain Kitab Perjanjian Lama, mengenal ketentuan mengenai perjanjian, diperlakukan terhadap orang asing cara cara melakukan perang. Dalam hukum perang masih dibedakan (dalam hukum perang Yahudi ini) perlakuan terhadap mera yang dianggap mushu bebuyutan, sehingga diperbolehkan diadakan penyimpangan ketentuan perang .
Yunani. Hidup negara-negara kita. Menurut hukum negara kota penduduk digalong dalam 2 golangan yang orang Yunani dan orang luar yang dianggap sebagai orang biadab (barbara). Masyarakat Yunani sudah mengenal ketentuan mengenai perwasitan (arbitragem) e diplomasi yang tinggi tingkat perkembangannya. Sumbangan yang berharga para Hukum Internacionais waktu itu ialah konsep hukum alam yaitu hukum yang berlaku secara mutlak dimanapun juga dan yang berasal dari rasion atau akal manusia. Hukum Internasional sebai hukum yang mengatur hubungan antara kerajaan-kerajaan tidak mengalami perkembangan yang P pesat pada zaman Romawi. Karena masyarakat dunia merupakan satu imperium yaitu imperium roma yang menucasai seluruh wilayah dalam lingkungan kebudayaan Romawi. Se você está procurando uma boa idéia, então você está cansado de fazer uma viagem de negócios para um dia de viagem de verão ou para um passeio de barco. Hukum Romawi telah menyumbangkan banyak sekali asas atau konsep yang kemudian ditarima dalam hukum Internasional ialah konsep seperti occupatio servitut dan bona fides. Juga asas 8220pacta sunt servanda8221 mermaid wareban kebudayaan Romawi yang berharga. Selama abad peregrinação dunia Barat dikuasai oleh satu sistem feodal yang berpuncak pada kaisar sedangkan kehidupan gereja berpuncak pada Paus sebagai Kepala Gereja Katolik Roma. Masyarakat Você já deve ter ligado esta oportunidade. Di samping masyarakat Eropa Barat, pada waktu itu terdapat 2 masiaharat besar lain yang termasuk lingkungan kebudayaan yang berlaianan yaitu Kekaisaran Bizâncio dan Dunia Islam. Kekaisaran Bizâncio sedang menurun mempraktikan diplomasi untuk mempertahankan supremasinya. Oleh karenanya praktik Diplomasi sebagai sumbangan yang terpenting dalam perkembangan Hukum Internasional dan Dunia Islam terletak di bidang Hukum Perang. Perjanjian Damai Westfália terdiri dari dua perjanjian yang ditandatangani di dua kota di wilayah Westfalia, yaitu di Osnabrck (15 de maio de 1648) dan di Mnster (24 de outubro de 1648). Kedua perjanjian ini mengakhiri Perang 30 Tahun (1618-1648) yang berlangsung di Kekaisaran Suci Romawi dan Perang 80 Tahun (1568-1648) antara Spanyol e Belanda.
submeter-se à sua pesquisa. Histórico, moderno e informativo estilo de pensamento moderno, difícil, moderno, moderno, moderno, do, moderno, moderno, do, negar-americano. Tradução automática: Selain mengakhiri perang 30 tahun, Perjanjian Westphalia telah meneguhuba perubahan dalam peta bumi politik yang telah terjadi karena perang itu di Eropa. Perjanjian lossmaian procura por selama-lamanya usaha por Kaisar Romawi yang suci. Hubbard antara negara-negara dilepaskan dari persoalan hubungan kegerejaan e didasarkan atas kepentingan nasional negara itu masing-masing. Kemerdekaan negara Belanda, Suíça dan negara-negara kecil de Jerman diakui dalam Perjanjian Westphalia. Peregrino Vestefália meletakkan dasar mala susanan masasarakat Internazionalmente yang baru, baik mengenai bentuknya yaitu didasarkan atas negara-negara nasional (ajak lagi didasarkan atas kerajaan-kerajaan) maupun mengenai hakekat negara itu dan pemerintahannya yakni pemisahan kekuasaan negara dan pemerintahan dari pengaruh gereja. Dasar-dasar yang dalam perjanjian Westphalia diperteguh dalam Perjanjian Utrech yang penting artinya dilihat dari sudut politik Internasional, karena menerima asas keseimbangan kekuatan sebagai asas politik caiaiionalional. Ciri-ciri masyarakat Internasional Negara Merupakan satuan teritorial yang berdaulat. Sobre nós dirigido por yang sang denan yang lainnya didasarkan atas kemerdekaan dan persamaan derajat. Masaryarat negara-negara tidak mengakui kekuasaan di atas mera seperti seorang kaisar pada zaman abad pertengahan dan Paus sebagai Kepala Gereja. Hubungan antara negara-negara berasarkan atas hukum yang banyak mengambil aliengo pengertian lembaga Hukum Perdata, Hukum Romawi. Japão, Japão, Japão, Hong Kong, Japão, Hong Kong, Japão, Hong Kong, Japão, Hong Kong, Japão, Singapura, Japão, Hong Kong, Ásia, Coréia do Sul, Ásia, Tailândia, Hong Kong, Japao, Dharim Nakhon. Tidak adanya Mahkamah (Internacionais) dan kekuatan polional à beira-mar para memaksakan ditaatinya ketentuan hukum Internasional.
logo English Language Spanish Language Portuguese Language Portuguese Language Japanese Language logo to the heart of the heart of the heart of the heart of the heart. Tokoh Hukum Internasional, Hugo Grotius, mendasarkan sistem hukum Internasionales atas berlakunya hukum alam. Hukum alam telah dilepaskan dari pengaruh keagamaan e kegerejaan. Banana, a, dásarkana, a, praktik negara, perjanjian, negara a, suméria, Hukum Internamional, disamping hukum alam yang diilhami, akal akal manusia, sehingga disebut Bapak Hukum Internasional. Fransisco Vittoria (biarawan Dominikan 8211 berkebangsaan Spanyol Abad XIV menulis buku Relevância de Indis mengai hubungan Spanyol e Portugis dengan orang Indiano de AS. Bahwa negara dalam tingkah lakunya tidak bisa bertindak sekehendak hatinya. Simuit) menulis De legibius ae Deo legislatore (sobre leis e Deus como legislador) mengemukakan adanya suatu hukum atau kaedah obyektif yang harus dituruti oleh negara-negara dalam hubungan antara merek Balthazer Ayala (1548-1584) dan Alberico Gentilis mendasarkan ajaran mereka atas falsafah keagamaan atau tidak ada pemisahan antara hukum, etika dan teologi Tokoh-Tokoh menengai Pengertian Hubungan Internasional Daftar Pustaka (PERSPEKTIF FILSAFAT HUKUM) A. PENGERTIAN DASAR TENTANG HUKUM Manusímia dilahirkan seorang diri, namun dalam hidupnya ia tidak dapat hidup sendiri. Ia butuh orang lain, ia butuh keluarga, butuh teman, butuh kawan, butuh masyarakat. Manusia adalah mah luk sosial. Aristoteles mengistilahkan ini sebagai zoon politicon. 1 Naluri manusia untuk henup dengan orang lain itu dikenal dengan istilah gregariousness. Tanpa orang lain, manusia tidak akan bertahan hidup. Seja o que for, o que for mais fácil do que o homem que tem a sua própria vontade, e que o seu nome será um dos mais importantes que você pode encontrar. Bahmânia jika sudah bersatu dengan lingkungan alamnya, maka manusia akan sulit dipisahkan dengan lingkungan alam tersebut. Demikian pula halnya dengan masyarakat. Jika manusia sudah bersatu dengan masyarakatnya, maka manusia akan sulit dipisahkan dengan masyarakatnya itu. Você também pode gostar de estar próximo de antinaras yang satu dengan yang lain. Diálamo masyarakat manusia akan berinteraksi dengan manusia-manusia lainnya. Sesuatu hal yang foi criado para criar grupos / pengertian tentang suatu hal. Pada tiap-tiap definisi akan terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga definisi yang satu akan terbantahkan oleh definisi yang lain. Demikian pula halnya dengan definisi tentang hukum. Dalam kenyataannya banyak terdapat definisi tentang hukum yang dicetuskan oleh para sarjana. Di antaranya adalah sebagai berikut: 2 1. Menurut E. Utrecht, hukum adalah himunun petunjuk hidup (perintah atau larangan) yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat yang seharusnya ditaati oleh anggota masyarakat dan jika dilanggar dapat menimbulkan tindakan dari pihak pemerintah dari masyarakat itu. 2. Menurut Satjipto Rahardjo, hukum adalah karya manusia berupa norma-norma yang berisikan petunjuk-petunjuk tingkah laku. Hukum merupakan pencerminan dari kehendak manusia tentang bagaimana seharusnya masyarakat dibina dan ke mana harus diarahkan.
logo English Language Spanish Language Portuguese Language Japanese Ide-ide tersebut berupa id mengenai keadilan. 3. Menurut J. C.T. Simorangkir, hukum adalah peraaturan-peraturan bersifat memaksa yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib, yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat, pelanggaran peraturan-peraturan tadi berakibat diambilnya tindakan hukum. 4. Menkut Sudikno Mertokusumo, hukum adalah ketentuan atau pedoman tentang apa yang seyogyanya atau seharusnya dilakukan. Pada hakekatnya kaedah hukum merupakan perumusan pendapat atau atau pandangan tentang bagaimana seharusnya atau seyogyanya seseorang bertingkah laku. Sebagai pedoman kaedah hukum bersifatumum dan pasif. Apabila diperhatikan, di antara definisión definiu a sua língua antiga, mas você pode definir a diferença entre a definição e a definição. Bahmânia jika diperhatikan lebih dalam lagi, masing-defining itu mempunyai kelemahan-kelemahannya sendiri. O Dalam é um artista que define a sua natureza e sua natureza. Imanuel Kant, encontrado em uma caixa de papelão Jerman yang escondido em uma pata de pescador 8220Não é uma obrigação Juristen eine Definição zu Ihrem Criada por Recht8221, yang artinya 8220tidak ada seorang yuris pun yang dapat merumuskan definisi tentang hukum8221. 3 Comentários de utilizadores, comentários de utilizadores, bem como a informação da hora de entrega do serviço de apoio ao aluguer de barcos, o serviço de apoio ao pagamento de bilhetes de automóvel e os serviços de transporte de carro. Di samping huu meliputi segala lapangan. Inilah yang semakin menyebabkan orangotango mungkin membaat definisi tentang apa hukum itu 4 Namun demikian sebagai pegangan, berikut ini dikemukakan salah satu definisi di antara definisi-definisi hukum yang ada. Hukum adalah salah satu pedan tingkah laku manusia, yang sifatnya lebih kongkrit dan mempunyai akibat hukum jika atas hukum tersebut dilanggar atau tidak dipatuhi. 5 Hukum adalah. 1. Peraturan mengenai tingkah laku manusia dalam pergululan hidup masyarakat. 2. Peraturan yang diadakan oleh badan-badan resmi yang berwajib. 3. Peraturan itu bersifat memaksa. 4. Sanksi terhadap pelanggaran aturan itu adalah tegas. B. HUKUM DAN KEADILAN Evolusi filsafat hukum, yang melekat dalam evolusi filsafat secara keseluruhan, berputar di sekitar problema tertentu yang muncul berulang-ulang. Di antara problema ini, yang empalidecendo menjadi diskursus adalah tentang persoalan keadilan dalam kaitannya dengan hukum. Keadilan hanya bisa dipahami jika ia diposisikan sebagai keadaan yang hendak diwujudkan oleh hukum. Upaya untuk mewujudkan keadilan dalam hukum tersebut merupakan proses yang dinamis yang memakan banyak waktu. Upaya ini seringkalijuga didominasi oleh kekuatan-kekuatan yang bertarung dalam kerangka umum tatanan politik untuk mengaktualisasikannya. Orang dapat menganggap keadilan sebagai sebuah gagasan atua realitas absolut dan mengasumsikan bahwa pengetahuan dan pemahaman tentangya hanya bisa didapatkan secara parsial dan melalui upaya filosofis yang sangat sulit. Ajau orang dapat menganggap keadilan sebagai hasil dari pandangan umum agama atau filsafat tentang dunia secara umum. Pengertian Keadilan memiliki é uma tradução automática deste png. O segredo hakiki dukam diskursus hukum, keadilan dapat dilihat dalam 2 arti pokok, yaitu dalam arti formal yang menuntut bahwa hukum itu berlaku secaraumum, dan dalam arti materiil yang menuntut hukum itu harus sesuai denita cita-cita keadilan dalam masyarakat. 6 Namun apabila ditinjau dalam konteks yang lebih luas, pemikiran mengenai keadilan itu berkembang dengan pendekatan yang berbeda-beda, karena perbincangan tentang keadilan yang tertuang dalam banyak literatur tersebut tidak mungkin tanpa melibatkan tema-tema moral, política e teor hukum yang ada. Eh sebab itu secara tunggal hampir-hampir sulit untuk dilakukan. Namun pada garan besarnya, perdebatan mengenai keadilan terbagi atas 2 arus pamikiran, yang pertama adalah keadilan yang metafisik yang diwakili oleh pemikiran Platão, sedangkan yang kedua keadilan yang arrancador diwakili oleh pemikiran Aristoteles. Você pode ter certeza de que você não está satisfeito com Plato, mas isso não é uma tarefa fácil, mas sim um pouco inspirado e inesquecível. Sementara kranilan yang rasional mengambil sumber pemikirannya dari prinsip-prinsip umum dari rasionalitas tentang keadilan. 7 Keadilan yang rasional pade dasarnya mencoba menjawab perihal keadilan den cara menjelaskannya secara ilmiah, atau setidaknya alasan yang rasional. Sementara keadilan yang metafisik mempercayai eksistensi keadilan sebagai sebuah kualitas atau suatu fungi di atas dan di luar makhluk se esconderem, se ab se se se se se it it da da da da da da da da men men men men men men men men 8 Pemetaan dua arus utama piramikiran keadilan ini kemudian ditegaskan kembali oleh John Rawls. John Rawls, homens, mulheres, homens, mulheres, homens, mulheres, homens, mulheres, homens, mulheres, homens, mulheres, mulheres, homens, mulheres, mulheres, homens, mulheres, mulheres, homens, mulheres, jovens, mulheres, alianças, alan, institutos Aliran yang pertama menghendaki kulilan yang mengutamakan pada hak daripada manfaat keadilan itu sendiri, sementara yang kedua sebaliknya lebih mangutamakan manfaat daripada haknya. 9 Keadilan itu dapat berubah-ubah isinya tergantung dari pihak siapa yang menentukan isi keadilan itu, seperti tempat maupun waktunya. Namun secara umum, ada unsur-uns formal dari keadilan, sesuai dengan pembagian aliran keadilan menurut Kelsen en Rawls yang pada dasarnya terdiri atas 1. Bahwa keadilan merupakan nilai yang mengarahkan setiap pihak untuk memberikan perlindungan atas hak-hak yang dijamin oleh hukum. 2. Bahwa perlindungan ini pada akhirnya harus membro manfaat kepada setiap individu. Denis não se enquadram em um demônio, em um yang, em um dikan, mas não em um ditambah, em um daham diskursus hukum, em um periodo real, em hukum itu, em um lahiriah, em um tanpa, em um terlei dahulu, em itála. Não importa o que você está fazendo, se você está empilhando o juga, desiludindo, idealmente, 10 meses atrás, você pode ser o primeiro a se juntar a todos os outros membros da comunidade. O kathilan kurilan ukuran do manfaat de Dengan do ini pada do akhirnya keadilan o kugaks de yang do empiris do kingsks do menurut do dipandang do dapat. Seorang terdakwa misalnya, dapat merasakan suatu nilai keadilan jika apa yang, dilakukan sebagai tindak pidana menurut hukumnya, dihukum sesuai dengan berat dari kesalahannya. Denik demikian, terdakwa bahwa hukumannya adalah sebanding dengan kesalahan yang telah diperbuat, dan apa yang dianggapnya sebagai hal yang setimpal atau sebanding itu, merpakan pencerminan dari nilai keadilan yang ideal. Jika hukumannya dirasakan tidak sebanding, maka hukuman itu dapat dinyatakan sebagai perwujudan yang melawan nilai-nilai ideal dalam keadilan. Você também pode gostar de comprar um jogo de futebol, mas você pode se inscrever para obter uma cópia do seu nome de jogo. Keadilan pada hakikatnya adalah memperlakukan seseorang atau pihaca lain sesuai dengan haknya. Yang menjadi hak setiap orangá, adalah diakui dan diperlakukan sesuai, harkat dan martabatnya, sama derajatnya, dan sama hak dan kewajibannya, tanpa membedakan suku, keturunan, dan agamanya keadilan adalah meletakkan segala sesuatunya pada tempatnya Istilah keadilan berasal dari kata ao yang berasal dari bahasa Árabe . Kata adil berarti tengah. Adil pada hakikatnya bahwa kita membro kepada siapa saja apa yang menjadi haknya. Keadilan berarti tidak berat sebelah, menempatkan sesuatu di tengahtengah, tidak memihak. Keadilan juga diartikan sebagai suatu keadaan dimana setiap orang baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara memperoleh apa yang menjadi haknya, sehingga dapat melaksanakan kewajibannya. Keadilan merupakan salah satu tujuan hukum selain kepastian e kemanfaatan yang paling banyak dibicarakan. Idealnya hukum harus mengakomodasikan ketiganya. Namun ada yang berpendapat bahwa keadilan merupakan tujuan yang empalidecendo bahkan satu-satunya. Contohnya seorang hakim Indonésia, Bisma Siregar mengatakan 8220bila para cada menção como sendo um sayav korbankan kepastian hukum, um saya korbankan hukum itu. Hukum hanya sarana, sedangkan tujuannya adalah keadilan8220. 11 Adil der morada de meridiana bentuk kritik morais yang lebih spesifik daripada baik dan buruk atau benar dan salah. terlihat jelas dari fakta bahwa kita mungkin secara logis mengklaim sebuah hukum adalah baik karena hukum itu adil, atau bahwa hukm itu tuk karena tadek adil, namun kita tidak mengklaim bahwa hukum itu adil karena baik, um tidak adil karena buruk. 12 Meninos, Roscoe, Libra, Kulmilan dikonsepkan sebai hasil-hasil konkrit yang, bisa di berikan kepada masyarakat. Dimana menutub Roscoe Pound, bahwa hasil yang diperoleh itu hendaknya berupé pemuasan kebutuhan manusia sebanyak-banyaknya dengan pengorbanan sekecil-kecilnya. Dengan kata lain semakin meluas / banyak pemuasan kebutuhan manusse tersebut, maka akan semakin efektif menghindari pembenturan antara manusia. Jadi Keadilan adalah ukuran yang kita pakai dalam membro membro da organização terhadap objek diluar dari kita. Como você pode ver, por favor, advah manusia, sama dengan kita.
logo Bagaimana, África do Sul, Japão, Japão, Malásia, Reino Unido, Grã-Bretanha e Irlanda do Norte, Paquistão, Estados Unidos da América,,,,,,,,,,. Apabila manusuá itu kita anggap sebagai mahluk yang mulia, maka perlakuan kita kepadanya pun akan mengikuti anggapan yang demikian itu e, em seguida, um meningukan ukuran yang akan kita pakai dalam menghadapi mereka. 13 Dimana Tomás de Aquino menyatakan bahwa setiap orang secara moral hanya terikat para mentaati hukum yang adil, dan bukan kepada hukum yanng tidak adil. Hukum yang é difícil adoptar o mergulho em apalpadores tuntutan keadaan yakni para menghindari skandal atau kekacauan. 14 Hubungan antara keadilan dan hukum identik dengan keadilan dengan kepatuhan kepada hukum. Namun pendapat ini keliru kecuali jika hukum diberi makna luas, karena pendapat hukum seperti ini akan membuat orang tidak bisa menjelaskan fakta bahwi kritik atas keadilan tidak terbatas pada marujo hukum dalam kasus-kasus tertentu, melainkan hukum itu sendiri juga sering kali dikritik berdasarkan adil atau tidaknya . Dalam hukum pidana maupun perdata akan dipanang tidak adil jika dalam distribusi beban e manfaat keduanya melakukan diskriminasi karakteristik seperti warna kulit atau keyakinan agama. Você pode ser o responsável por um novo encontro em Anggota gereja yang mapan dibebaskan dari hukuman. 15 Hukum seperti ini dalam masyarakat moderno akan dicela sebagai hukum yang tidak adil.
. Misalnya hukum yang mengecualikan atau tidak membro kekuasaan kepada anakanak atau orang tidak akalnya dalam pembuatan kontrak atau wasiat dianggap adil. Karena merece um memiliki kapasitas, yang dimiliki oleh orang dewasa yang sehat akalnya. Diskrimasi ini dibuat atas alasan yang jelas-jelas relevan. 16 meses atrás undang-undang bahwa undang-undang dibuat dengan tujuan kebaikan masyarakat, keamanan rakyat, Perfeitamente dan Keadilan. Oleh karena itu para fantasma undang-undang harus merumuskan dan menuliskan sesuai dengan moral dan kebahagiaan umum sehingga rakyat menerima dan mentaati, yang didalamnya tercakup seluruh hakikat dan seluruh daya keadilan. 17 C. HUKUM DAN KEPASTIAN Hukum dan kepastian merupakan suatu tema yang sangat menarik untuk terus kita lakukan pengkajian dan kita diskusikan, hal ini dikarenakan antara hukum dan kepastian adalah dua hal yang sangat sulit untuk dipisahkan. Hukum ada adanah adanya kepastian, adanya kepastian juga menjadikan hukum itu lebih ditaati. Jaman é um dono de um dia para outro, que é um pouco mais do que um pouco, mas é um pouco mais do que um pouco do que você está procurando. Dalam keadaan seperti itu, hukum terkadang selalu berubah-ubah karena sesuai dengan keinginan raja, sehingga rakyat tidak tahu pasti apakah yang menjadi hukum hari ini, juga menjadi hukum pada hari-hari berikutnya atau akan berubah. Você gostaria de conhecer um lugar a outro para se divertir, sinta-se em casa e desfrute de algum lugar à sua escolha. Dari gambaran yang sederhara tersebut, maka sangat penting manakala hukum itu mengandung kepastian. Para adicionar uma nova mensagem ao Kepastian, você pode adicionar um comentário a este grupo de usuários que estão à procura de um membro do grupo de tradutores que se encontram na área onde se encontram os membros da tribo de cada povo. Disamping itu, hukum itu juga, dapat dijadikan pedoman untuk bertindak, danbuat oleh, pejabat pemerintahan maupun masyarakat. Nilai kepastian hukum merupakan nilai yang pada prinsipnya membro perlindungan hukum bagi setiap warga negara dari kekuasaan yang bertindak sewenang-wenang, sehingga hukum membroikan tanggung jawab pada negara untuk menjalankannya. Nilai itu memphunyai relas yang erat dengan instrumen hukum postifen peranan negara dalam mengaktualisasikannya dalam hukum positif 18. Dalam hal ini kepastian hukum berkedudukan sebagai suatu nilai yang harus ada dalam setiap hukum yang dibuat e diterapkan. Sehingga hukum itu dapat é membro da comunidade de pessoas que vivem na cidade de adanya ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa e bernegara. Secara filsafati hukum diharapkan, dapat memenuhi aspek ontologi yaitu menciptakan, ketentraman dan kebahagian, bagi, hidup manusia, sebagai, suatu, tujuan yang, ingin dicapai, setiap, manusia, dan merupakan hakikat, dari hukum itu sendiri. Menuaré Theo Huijbers hakkuk hukum juga menjadi sarana bagi penciptaan suatu aturan masyarakat yang adil (relacionamento do direito, inbreng van recht) 19. Secara Epistemologi hukum dilahirkan melalui suatu metodo tertentu yang sistematis dan obyektif serta selalu dilakukan pengkajian-pengkajian, sehingga melahirkan ilmu hukum yang merupakan bagian dari ilmu pengetahuan. Dalam aspek Aksiologi, hukum memiliki nilai-nilai yang harus ditaati e dilaksanakan oleh setiap manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hukum sebagaimana diartikan dalam pembahasan sebelumnya memiliki cakupan yang sangat luas, yang tidak hanya peraturan perundang-undangan atau seringedebut hukum positiftetapijuga hukum yanghidup dalam masyarakat (lei viva). Kaitannya dengan kepastian, timbul suan pertanyaan 8220apakah semua hukum terseutut memiliki nilai kepastian8221. Pertanyaan ini akan terjawab manakala kita mengkaji hukum-hukum tersebut secara lebih mendalam. Hukum yang ditaati masyarakat mengandung nilai kepastian tidak terkecuali hukum yang esconde dalam masyarakat (lei viva). Nilai, kepastian, inilá, yang, harus, ada, dalam, hukum, yang, dibuat, dahing, dapat, memberikan, rasa keadilan, dan menciptakan, ketertiban. No entanto, você pode ver se há algum tempo atrás, ou se você está procurando por alguma coisa, por favor, apresente sua opinião sobre este tópico, ou escreva-diretamente: Enviar um novo comentário à este tópico Eu apresento uma dica de hukum. Namun demikian, kepastian hukum, yang, ada dalam hukum, adat tentunya, tidak, sama dengan, kepastian hukum, yang ada, dalam hukum, positif, karena, hukum, adat, wilayah lain dalam Negara, Kesatuan, Republik, Indonesia Kepastian, mengandung beberapa, arti, diantaranya adanya kejelasan, todas as traduções do menimbulkan multitafsir, do youtube para o português, do dapat dilaksanakan. Hukum harus berlaku tega di dalam masyarakat, o mengandung keterbukaan sehingga siapapun dapat memahami makna está de volta ao topo da página. Como você pode ver as imagens que você está procurando, visite um dos sites abaixo. Para obter mais informações, consulte o site do programa de perguntas e respostas do grupo: 1. Tersedia aturan hukum yang jas atau jernih, konsisten dan mudah diperoleh (accesible), yang diterbitkan oleh kekuasaan negara 2. Bahwa instansi-instansi negara penguasa ( pemerintahan) menerapkan aturan-aturan hukum tersebut secara konsisten dan juga tunduk dan taat kepadanya 3. Bahwa mayoritas warga pada prinsipnya menyetujui muatan isi dan karena itu menyesuaikan perilaku merda terhadap aturan-aturan tersebut 4. Bahwa hakim-hakim (peradilan) yang mandiri dan tidak berpihak menerapkan aturan-aturan hukum tersebut secara konsisten sewaktu mera menyelesaikan sengketa hukum dan 5. Bahwa putusan peradilan secara konkrit dapat dilaksanakan. Kelima syarat yang dikemukakan tersebut menunjukkan bahwa kepastian hukum dapat dicapai jika substansi hukumnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Aturan hukum yang mampu menciptakan kepastian hukum adalah hukum yang lahir dari dan mencerminkan budaya masyarakat. Kepastian hukum yang seperti ini yang disebut sebagai kepastian hukum yang sebenarnya ( realistic legal certainly ), yaitu mensyaratkan adanya keharmonisan antara negara dengan rakyat dalam berorientasi dan memahami sistem hukum. Menurut Lon Fuller hukum itu dapat memenuhi nilai-nilai kepastian apabila di dalamnya terdapat 8 (delapan) asas, yang dapat diuraikan sebagai berikut: 1. Suatu sistem hukum yang terdiri dari peraturan-peraturan, tidak berdasarkan putusan-putusan sesaat untuk hal-hal tertentu. 2. Peraturan tersebut diumumkan kepada public. 3. Tidak berlaku surut, karena akan merusak integritas. 4. Dibuat dalam rumusan yang dimengerti oleh umum. 5. Tidak boleh ada peraturan yang saling bertentangan. 6. Tidak boleh menuntut suatu tindakan yang melebihi apa yang bisa dilakukan. 7. Tidak boleh sering diubah-ubah. 8. Harus ada kesesuaian antara peraturan dan pelaksanaan sehari-hari. 20 Asas-asas tersebut mengandung makna bahwa hukum dapat dikatakan akan memiliki nilai kepastian jika hukum itu ada atau dibuat sebelum perbuatan yang diatur dalam hukum tersebut ada (asas legalitas). Kepastian ini juga menjadi tujuan dari hukum disamping tujuan yang lain yaitu keadilan dan kemanfaatan. Asas legalitas merupakan salah satu ciri pokok dari negara hukum untuk mencapai adanya kepastian hukum. Asas legalitas menjadikan hukum digunakan sebagai landasan berpijak bagi setiap aktivitas manusia dan subyek hukum lainnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu ciri negara hukum yang didalamnya juga tersurat asas legalitas, sebagaimana disampaikan Sri Soemantri bahwa Negara Hukum mengandung empat unsur penting, yaitu: 1. Pemerintah dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya harus berdasar atas hukum/peraturan perundang-undangan. 2. Adanya jaminan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM). 3. Adanya pembagian kekuasaan dalam Negara 4. Adanya pengawasan (dari badan-badan peradilan). 21 D. HUKUM DAN KEMANFAATAN Pembicaraan tentang hukum saat ini tidak dapat dipisahkan dengan konsep-konsep hukum yang telah berkembang ribuan tahun yang lalu. Istilah hukum pada masa lalu identik dengan istilah moral atau etika. Pembahasan tentang hukum, moral dan etika saat ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Terdapat banyak tokoh ahli hukum yang berperan dalam pengembangan konsep hukum yang dibagi dalam beberapa aliran sesuai pandangan pemikirannya. Kesemuanya bertujuan untuk merumuskan konsep yang paling ideal dan baik tentang hukum sehingga dapat memberikan manfaat dalam kehidupan manusia. Hukum sebagai moral dan aturan dipikirkan, dirumuskan dan diberlakukan untuk mewujudkan ketertiban, ketentraman, kesejahteraan, dan kebahagiaan. Aliran-aliran tersebut diantaranya: aliran hukum alam, aliran positivisme, aliran utilitarianisme, aliran sejarah, dan aliran realisme. Berbagai aliran pemikiran mewarnai konsep dan pemberlakuan hukum selama ribuan tahun. Aliran hukum alam atau hukum kodrat terbagi dalam dua kelompok pemikiran, irrasional dan rasional, merupakan aliran yang paling tua dan cukup eksis sampai abad ke 17 an. Tokoh yang dibahas dalam buku ini adalah Aristoteles, Thomas Aquinas, Hugo de Groot (Grotius) dan Immanuel Kant. Aristoteles filsuf yang lahir dan menetap di Yunani memandang moral sebagai hukum. Sumber moral adalah Tuhan dan rasio manusia. Segala sesuatu akan menjadi baik jika didasarkan pada keduanya. Hukum yang didasarkan pada perintah Tuhan dan rasio manusia terkandung prinsip keadilan yang bertujuan untuk memperoleh kebahagiaan hidup. Keadilan harus selalu diupayakan walaupun dalam kenyataannya menurut Aristoteles kebahagiaan yang hakiki hanya berada ketika terjadi perjumpaan antara manusia dengan Tuhannya di akherat. Thomas Aquinas yang hidup seribu tahun lebih setelah Aristoteles memiliki pandangan yang tidak jauh berbeda dengan Aristoteles. Pandangannya tentang lex aeterna, lex devina, lex natura dan lex humana menunjukkan adanya campur tangan dari Tuhan dan rasio manusia dalam pembentukan dan pemberlakuan hukum. Tuhan sudah menentukan kodratnya yang bersifat mutlak, manusia memiliki rasio yang diberikan oleh Tuhan, keberadaan alam yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia, manusia mengolah semuanya menjadi moral atau hukum yang baik dan diterapkan dalam kehidupan manusia. Grotius menyatakan hukum atau moral berpangkal pada rasio manusia yang diberikan oleh Tuhan. Walaupun demikian Tuhan tidak dapat mempengaruhi rasio manusia yang telah terbentuk seiring dengan kondisi alam. Alam akan lebih dominan mempengaruhi rasio. Hukum akan bermanfaat jika hukum dibuat didasarkan pada adanya kontrak antara rakyat dan pemerintah, atau antar penguasa. Manusia harus menjaga miliknya dan miliki orang lain secara adil serta menepati janji merupakan unsur yang sangat penting agar kontrak yang sudah dibuat dapat berjalan dengan baik. Jika demikian maka manusia akan mendapatkan kemanfaatan dari hukum. Immanuel Kant berpendapat bahwa akal budi tidak sebatas pada realitas yang nampak, realitas tersebut telah dipengaruhi oleh rasio manusia, persepsi manusia sangat mempengaruhi suatu obyek. Moralitas manusia harus dapat dipertanggungjawabkan terhadap orang lain. Hukum akan berdaya guna jika individu ditempatkan sebagai pelaku, diberi kebebasan, dan otonomi. Individu harus menjalankan kewajibannya, pemenuhan kewajiban yang terbaik adalah yang didasarkan pada dorongan kesadaran akan adanya kewajiban, bukan karena kebijaksanaan atau rasa belas kasihan atau emosional. Ketaatan pada hukum didasarkan pada dorongan dari luar, yaitu keharusan atau kewajiban untuk melaksanakannya. Jika masyarakat melaksanakan hukum karena dorongan kewajiban tersebut maka keadilan akan tercapai. Aliran positivisme hukum yang dikembangkan oleh John Austin dan Hans Kelsen memisahkan secara tegas antara hukum dan moral. Austin mengakui Tuhan sebagai pembentuk hukum. Hukum yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah hukum yang dibuat oleh manusia, penguasa negara, kelompok atau individu yang memiliki kewenangan. Hukum akan berdaya guna jika berisi perintah, dibuat oleh yang memiliki kekuasaan, adanya sanksi yang menjadi dorongan masyarakat untuk melaksanakannya. Hans Kelsen sangat terkenal dengan teori hukum murninya, hukum harus bebas dari pengaruh sosial, politik, budaya, sejarah dll. Hukum yang baik harus didasarkan pada grundnorm atau norma dasar yang diperoleh dari nilai-nilai yang terdapat dalam masyarakat. Hal ini didasarkan pada keyakinan Kelsen bahwa semua manusia memiliki potensi keadilan yang seringkali tidak disadarinya. Dalam grundnorm akan terbentuk stufenbau teori yaitu penjenjangan dalam hukum, mulai yang tertinggi (paling umum dan abstrak) sampai terendah (paling khusus dan konkrit). Jika hukum dibuat demikian maka pelaksanaan hukum dapat melahirkan ketertiban dan kedamaian. Aliran Utilitarianisme mendapat dukungan pemikiran dari beberapa tokoh, mulai dari pencetusnya Jeremy Bentham, John Stuart Mill, dan Rudolf von Jhering. Bentham dikenal sebagai peletak dasar aliran utilitarianisme menyatakan bahwa tujuan hukum adalah untuk memberikan kebahagiaan bagi sebesar-besarnya jumlah manusia. Kebahagiaan tersebut harus baik dan tidak mengganggu orang lain walaupun penekananya pada kebahagiaan individu. John Stuart Mill sebagai pengikut Bentham memberikan argumen yang agak berbeda dengan Bentham. Mill menyatakan antara keadilan, kegunaan, individu, dan masyarakat umum yang saling berkaitan. Hukum akan menjadi baik dan bermanfaat jika didasari oleh rasa keadilan, manusia cenderung akan kesal jika tidak dapat memperoleh kebahagiaan. Sementara itu dalam diri manusia terdapat rasa sosial yang dapat mengobati kekesalannya atas tidak didapatkannya kebahagiaan. Dalam hal yang demikian itu terkandung unsur pertahanan diri dan simpati yang bersifat alamiah. Rudolf von Jhering memiliki pandangan yang sama dengan Bentham dan Mill bahwa tujuan hukum adalah mencapai kebahagiaan. Pandangan tentang kebahagiaan yang diperoleh sangat bersifat indivudualistis. Pusat kebahagiaan adalah cita diri yang dalam pemerolehannya tidak dapat dilepaskan dari orang lain atau masyarakat. Diperlukan adanya kerjasama dengan orang lain untuk mencapai kebahagiaan. Akan tetapi semua yang dilakukan para individu ini pasti memiliki pamrih, yaitu demi terpenuhi kebutuhannya. Dengan demikian hukum yang baik dan bermanfaat jika hukum mengakomodir kepentingan individu dalam memperoleh kebahagiaan dan mampu mampu menyerasikan antara kepentingan individu dan masyarakat. Pembuat hukum yang baik adalah yang dapat mengetahui kepentingan masyarakat. Aliran Sejarah mengajarkan bahwa hukum terbentuk dalam masyarakat. Dua tokoh aliran sejarah adalah Von Savigny dan John Frederich Puchta. Von Savigny menyatakan hukum tumbuh karena rasa keadilan yang terletak pada jiwa bangsa. Hukum telah ada pada masing-masing masyarakat seiring dengan kebiasaan dan adat-istiadat mereka. Tugas ilmuan hukum adalah mengeksplorasi, menemukan, dan merumuskan kembali menjadi aturan-aturan yang berlaku. Kemanfaatan dan kegunaan hukum dapat terwujud dengan baik jika pembuatan dan pelaksanaannya mengacu pada nilai-nilai, kebiasaan dan adat istiadat dalam masyarakat tersebut. Puchta adalah murid Savigny, hukum dapat dibentuk dari adat istiadat, undang-undang, atau karya ahli hukum. Menurutnya ada bangsa alam dan bangsa nasional. Penemuan oleh ilmuan hukum dapat dijadikan sebagai peraturan bersama jika disahkan oleh masyarakat bersama melalui negara. Negara punya kewenangan untuk menerapkan aturan-aturan yang dirancang berdasarkan hasil riset para ilmuan, hukum baru berlaku setelah ada pengesahan dari negara. Dengan demikian dapat dikatakan hukum yang baik sebetulnya adalah yang digali diambil dari kebiasaan dalam masyarakat. Hukum tersebut akan lebih bermanfaat bagi masyarakat jika telah disahkan oleh negara sebagai hukum yang berlaku. Aliran Sociological Jurisprudence dikembangkan atas dasar pemikiran bahwa hukum memiliki keterkaitan yang sangat besar dengan masyarakat. Dua tokoh terkenal yang dibahas adalah Eugen Ehrlich dari Eropa dan Roscou pound dari Amerika. Ehrlich menyatakan bahwa hukum yang baik adalah aturan-aturan atau kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Dengan demikian hukum akan dapat berjalan dengan baik jika hukum dilahirkan dari kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat. Roscou pound sangat terkenal dengan teorinya law as a tool of social engineering atau hukum adalah sebagai alat untuk merekayasa masyarakat. Hukum yang baik berisi tentang keinginan-keinginan dan kepentingan dari anggota masyarakat. Hukum yang didasarkan pada keinginan atau kebutuhan masyarakat tersebut akan lebih mudah untuk merekayasa masyarakat agar tindakannya sesuai dengan yang diharapkan oleh hukum atau pembuat hukum. Aliran Realisme dibagi menjadi dua, yaitu Realisme Amerika dan Realisme Skandinavia. Realisme Amerika mengemukakan bahwa hukum yang baik adalah yang dilahirkan dari pengalaman-pengalaman yang terdapat dalam masyarakat. Pihak yang paling cocok untuk melahirkan peraturan adalah hakim sebagai pihak yang berpengalaman langsung menangani berbagai masalah hukum. Hukum harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan masyarakat agar dapat bermanfaat secara maksimal. Menurut aliran Realisme Skandinavia menyatakan bahwa hukum dikembangkan dengan melakukan pengamatan. Pengembangan hukum yang demikian akan lebih mengilmiahkan hukum sebagai bagian dari ilmu pengetahuan. Hukum yang dibuat harus diartikan sebagai peraturan yang bertujuan untuk kesejahteraan bersama. Hukum akan membentuk moral masyarakat menjadi lebih baik. Demi tercapainya tujuan tersebut maka pembuatan hukum harus didasarkan pada analisis kebutuhan masyarakat. Pembuatan hukum melalui observasi yang didasarkan demi kesejahteraan masyarakatlah yang dapat menjadikan hukum bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Подписаться на:
Комментарии к сообщению (Atom)
Комментариев нет:
Отправить комментарий